LOADING

Type to search

Berita

Harga Bawang Putih Enggan Turun, Bawang Merah Malah Ikut Naik

Redaktur Magetan Maret 19, 2018
Share
suasana pasar sayur magetan
Magetan-Harga bumbu dapur di sejumlah pasar tradisional di magetan masih cukup mahal, setelah sebelumnya harga bawang putih mencapai Rp 40 Ribu /kg, kini harga bawang merah juga ikut merangkak naik.

Naiknya harga bawang merah ini cukup disesalkan oleh masyarakat, terutama masyarakat kelas menengah kebawah. harga bawang merah yang sebelumnya di kisaran harga Rp 10 ribu hingga Rp 15.000/kg,kini naik menjadi Rp 22.000- Rp 25.000/kg.

Sukiyem, salah satu pedagang bawang merah mengatakan, naiknya harga bawang ini sudah terjadi sejak sepekan ini.”sudah kira- kira sepekan ini naiknya mas, mulai terus naik”terangnya.

Naiknya harga bawang merah ini diduga dipicu karena banyaknya petani bawang merah yang mengalami gagal panen akibat cuaca buruk.

Pantauan di lapangan, untuk harga bawang putih saat ini masih relative tinggi, harga bawang putih impor masih di kisaran Rp 40 ribu hingga 45.000/kg,dari harga sebelumnya yang hanya berkisar Rp 30 .000/kg. harga tersebut dinilai masih murah dibandingkan dengan harga bawang putih local yang harganya mencapai Rp 60.000/kg.

Diketahui juga, selain bawang merah dan bawang putih, komoditas bumbu dapur lainnya,mulai berangsur turun. Harga cabai yang sempat baik pada harga Rp 60 ribu kini turun menjadi Rp 40 .000,sedangkan untuk cabai merah besar masih dikisaran Rp 45.000/kg.

Masyarakat berharap harga sejumlah komoditas bumbu dapur di pasar tradisional magetan bisa dikendalikan normal kemabli,sebelum mamasuki bulan puasa yang tinggal dua bulan lagi.(wan/Choiri)
Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *